PEMBAHASAN
*. الإِسْمُ باِ النَّظْرِ إِلَى عَدَدِهِ ثَلاَثَةُ اَقْسَامٍ:
مُفْرَدٌ, مُثَنَّى, جَمْعٌ.
A. Isim Mufrad ( مُفْرَدٌ ) Tunggal / Satu
Isim
Mufrad adalah isim yang menunjukan bilangan satu / tunggal (singuler), baik
orang, tempat atau benda apa saja, baik itu untuk Mudzakkar maupun Mu’annats.[1]
1. Mufrad ditinjau dari segi jenis.
مُؤَنَّثٌ
|
مُذَكَّرٌ
|
طَالِبَةٌ
|
طَالِبٌ
|
سَبُّوْرَةٌ
|
كِتَابٌ
|
2. Mufrad ditinjau dari segi I’rab.
يَجْلِسُ الطَّالِبُ عَلَى الْكُرْسِيِّ
|
رَأَيْتُ الطَّالِبَ فِيْ الْفًصْلِ
|
مَرَرْتُ بِالطَّالِبِ فِيْ الشَّارِعِ
|
3. Mufrad ditinjau dari segi kejelasannya.
اَلْمَعْرِفَةُ
|
اَلنَّكِرَةُ
|
الطَّالِبُ
|
طَالِبٌ
|
اَلْمَسْجِدُ
|
مَسْجِدٌ
|
Contoh
:
ذَهَبَ الطَّالِبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
Siswa itu pergi ke sekolah
رَجَعَتْ الطَّالِبَةُ مِنَ
السُّوْقِ
Siswi itu pulang dari pasar
الْكِتَابُ
جَدِيْدٌ
Buku itu baru
ضَرَبَ عَلِيُّ الْكَلْبَ
Ali memukul anjing
فَتَحَتْ عَائِشَةُ الْبَابَ
Aisyah membuka pintu
بَيْتٌ جَمِيْلٌ
Sebuah rumah yang bagus
حَقِيْبَةٌ جَدِيْدَةٌ
Sebuah tas yang baru
اَلْقَلَمُ اَلْجَمِيْلُ غَالِيٌّ
Polpen yang bagus itu mahal
اَلدَّرَجَةُ اَلْغَالِيَةُ قَبِيْحَةٌ
Sepeda yang mahal itu jelek
B.
Isim
Mutsanna ( مُثَنَّى ) Dua
Isim
Mutsanna adalah isim yang menunjukan bilangan dua baik orang, tempat atau benda
apa saja, baik itu untuk Mudzakkar maupun Mu’annats.[2]
1. Mutsanna ditinjau dari
segi jenisnya.
مُؤَنَّثٌ
|
مُذَكَّرٌ
|
طَالِبَتَانِ
|
طَالِبَانِ
|
سَبُّوْرَتَانِ
|
كِتَابَانِ
|
2. Mutsanna ditinjau dari
segi pembentukannya.
·
كِتَابٌ
+ انِ \ يْنِ ← كِتَابَانِ \
كِتَابَيْنِ
·
طَالِبٌ
+ انِ \ يْنِ ← طَالِبَانِ \
طَالِبَيْنِ
·
طَالِبَةٌ
+ انِ \ يْنِ ← طَالِبَتَانِ \
طَالِبَتَيْنِ
|
Catatan:
1.
Jika terdapat al-if-nun dalam
bentuk mufradnya, maka tambahkan lagi alif dan nun atau yaa dan
nun sebagai tanda mutsannanya, contoh:[3]
عُثْمَانٌ menjadi; عُثْمَنَانِ atau; عُثْمَنَيْنِ
سُفْيَانُ menjadi; سُفْيَنَانِ atau; سُفْيَنَيْنِ
2.
Jika bentuk mufradnya berakhiran تَاءُ مَرْبُوْطَةٌ, maka diganti dengan تَاءُ مَفْتُوْحَةٌ serta tambah alif dan nun atau
yaa dan nun. Contoh:
مَدْرَسَةٌ menjadi; مَدْرَسَتَانِ atau; مَدْرَسَتَيْنِ
مُسْلِمَةٌ menjadi; مُسْلِمَتَانِ atau; مُسْلِمَتَيْنِ
3.
Mutsanna ditinjau dari segi I’rabnya.
جَاءَ الطَّالِبَانِ فِيْ الْمَدْرَسَةِ
|
ضَرَبْتُ الطَّالِبَيْنِ فِيْ الْمَلْعَبِ
|
ذَهَبَتْ الطَّالِبَتَانِ إِلَى السُّوْقِ
|
رَأَيْتُ الطَّالِبَتَيْنِ فِيْ الْحَدِيْقَةِ
|
4.
Mutsanna ditinjau dari segi kejelasannya.
اَلْمَعْرِفَةُ
|
اَلَّنكِرَةُ
|
اَلطَّالِبَانِ
|
طَالِبَانِ
|
اَلطَّالِبَتَانِ
|
طَالِبَتَانِ
|
Contoh :
يَجْلِسُ الطَّالِبَانِ
فِيْ الْفَصْلِ
Kedua mahasiswa itu duduk di atas kursi
تَذْهَبُ الطَّالِبَتَانِ
إِلَى الْمَدْرَسَةِ
Dua orang mahasiswi itu pergi ke sekolah
سَافَرَ الْمُسَافِرَانِ
إِلَى الْمَدِيْنَةِ
Dua orang musafir itu pergi ke Madinah
قَرَأَتْ اَلْبِنْتَانِ
الْكُتُبَ
Dua orang anak (pr) itu
membaca buku
ضَرَبَ الْمُدَرِّسُ الطَّالِبَيْنِ فِيْ
الْفَصْلِ
Guru itu memukul dua
orang siswa di kelas
رَأَيْتُ الْمُدَرِّسَتَيْنِ فِيْ الإِدَارَةِ
Saya melihat dua orang
guru di kantor
إِشْتَرَيْتُ قَلَمَيْنِ فِيْ الدُّكَّانِ
Saya membeli dua polpen
di toko
رَمَيْتُ الْحَقِيْبَتَيْنِ إِلَى النَّهْرِ
Saya melempar dua tas
ke dalam sungai
C.
Isim
Jama’ ( جَمَعْ )
Isim
jama’ adalah isim yang menunjukan hitungan lebih dari dua atau menunjukan
banyak.[4]
Contoh :
·
Banyak guru : مُدَرِّسُوْنَ
·
Banyak siswi : طَالِبَاتٌ
·
Banyak buku : كُتُبٌ
Isim jama’ di bagi tiga bagian antara lain :
1.
جَمَعْ
المُذَكَرالْسَّلِمْ
Secara harfiah jama’ artinya banyak, Mudzakkar artinya
laki-laki dan salim artinya selamat jadi jama’ Mudzakkar salim adalah isim yang
menunjukan bilangan banyak untuk jenis laki-laki.
Contoh:
مُعَلِّمُوْنَ , مُدَرِّسُوْنَ , اَلْمُسْلِمُوْنَ , اَلْمُهَنْدِسُوْنَ
Jama’ Mudzakkar Salim terdapat beberapa tinjauan,[5]
yaitu:
1.
Jama’ Mudzakkar Salim ditinjau
dari segi I’rabnya.
Contoh:
عَلَّمَ الْمُدَرِّسُوْنَ اَلْجُهَلَاءِ
رَأَيْتُ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ الْمَسْجِدِ
2.
Jama’ Mudzakkar Salim ditinjau
dari segi pembentukannya.
Contoh
:
•مُحَمَّدٌ
+ وْنَ \ يْنَ ←
مُحَمَّدُوْنَ \ مُحَمَّدِيْنَ
• مُدَرِّسٌ + وْنَ \
يْنَ ←مُدَرِّسُوْنَ \ مُدَرَّسِيْنَ
• مُؤْمِنٌ + وْنَ \
يْنَ ←مُؤْمِنُوْنَ
\ مُؤْمِنِيْنَ
Contoh :
اَلْمُسْلِمُوْنَ
يُصَلُّوْنَ فِيْ الْمَسْجِدِ
Para muslim itu shalat di mesjid
رَاَيْتُ
الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ الْمَسْجِدِ
Saya melihat para muslim di mesjid
اَلْمُدَرِّسُوْنَ
يَجْمَعُوْنَ فِيْ الْإِدَارَةِ
Para guru itu berkumpul di kantor
رَاَيْتُ
اَلْمُدَرِّسِيْنَ فِيْ الْإِدَارَةِ
Saya melihat para guru di kantor
3.
Jama’ Mudzakkar Salim ditinjau
dari segi kejelasannya.
مَعْرِفَةٌ
|
نَكِرَةٌ
|
اَلْمُهَنْدِسُوْن
|
مُعَلِّمُوْنَ
|
اَلْمُسْلِمُوْنَ
|
مُدَرِّسُوْنَ
|
2.
جَمَعْ
مُؤَنَثْ السَّلِمْ
Secara
harfiah jama’ artinya banyak Mua’annats artinya perempuan dan salaim artinya
selamat, Jadi jama’ Mu’annats Salim adalah isim yang menunjukan bilangan banyak
untuk jenis perempuan.[6]
Contoh :
سَبُّوْرَاتٌ
’ طَالِبَاتٌ , زَيْنَبَاتٌ , سَيَّارَاتٌ.
Jama’ Muannats Salim terdapat
beberapa tinjauan, yaitu:
1.
Jama’ Muannats Salim ditinjau
dari segi I’rabnya.
اَلْمُدَرِّسَاتُ مَاهِرَاتٌ فِيْ عِلْمِ الْحَدِيْثِ
رَأَيْتُ الطَّالِبَاتٍ أَمَامَ الْجَامِعَةِ اَمْسِ
2.
Jama’ Muannats Salim ditinjau
dari segi Pembentukannya.
Contoh :
سَبُوْرَاةٌ
+ اتٌ \ اتٍ ←
سَبُّوْرَاتٌ \ سَبُّوْرَاتٍ•
•طَالِبَةٌ + اتٌ \ اتٍ ←طَالِبَاتٌ \ طَالِبَاتٍ
• زَيْنَبٌ + اتٌ \ اتٍ ←زَيْنَبَاتٌ \ زَيْنَبَاتٍ
غَسَلْتُ
السَيَّارَاتِ اَمَامَ الْبَيْتِ
اَلطَّالِبَاتُ
تَذْهَبْنَ إِلَى الْجَامِعَةِ
3.
Jama’ Muannats Salim ditinjau
dari segi kejelasannya.
مَعْرِفَةٌ
|
نَكِرَةٌ
|
اَلْمُهَنْدِسَاتُ
|
مُعَلِّمَاتٌ
|
اَلْمُسْلِمَاتُ
|
مُدَرِّسَاتٌ
|
اَلسَّبّوْرَاتُ
|
حَقِيْبَاتٌ
|
اَلسَيَّارَاتُ
|
دَرَّاجَاتٌ
|
3.
جَمَعْ
التَكْسِيْرُ
secara harfiah jama’ artinya banyak dan taksir artinya
pecah atau berubah, jadi jama’ taksir adalah lafazh yang menunjukan bilangan
banyak dan mengalami perubahan dari bentuk mufradnya.[7]
Contoh
:
·
طَالِبٌ ۚ طُلاَّبٌ
·
كِتَابٌ ۚ كُتُبٌ
·
قَلَمٌ ۚاَقْلاَمٌ
·
Dan sebagainya
1.
Jama’ Taksir ditinjau dari segi
I’rabnya.
كَتَابَ الطُلَّابُ الدَّرْسَ
Para siswa itu menulis pelajaran
إِشْتَرَيْتُ الْأَقْلَامَ فِيْ الدُّكَّانِ
Saya membeli banyak polpen di toko
2.
Jama’ Taksir ditinjau dari segi
kejelasannya.
مَعْرِفَةٌ
|
نَكِرَةٌ
|
اَلطُّلَّابُ
|
طُّلَّابٌ
|
اَلْأَقْلَامُ
|
اَقَلَامٌ
|
Penjelasan
Perubahan bentuk mufrad ke dalam bentuk jama’ taksir
tidak ada aturan yang baku, terkadang dengan di tambah atau di buang atau hanya
berubah baris (syakalnya) saja. Untuk mengetahui bentuk jama’ dari jama’ taksir
secara pasti, kita harus melihat kamus bahasa arab.
Ket :
Ø Isim
Mufrad : Menunjukan bilangan Satu
Ø Isim
Mutsanna : Menunjukan bilangan
dua
Ø Isim
Jama’ : Menunjukan bilangan banyak
a.
Jama’ Mudzakkar Salim untuk
jenis laki-laki
b.
Jama’ Muannats Salim untuk
jenis perempuan
c.
Jama’ Taksir jama’ yang
berubah-ubah
[1]
A. Zakaria. Ilmu
Nahwu Praktis Sistem belajar 40 Jam. (cet.I. Ibn Azka Press; Garut 2004 M)
h.13
[2]
Mustafa, Nuri. Al-‘Arabiyyah
Al-Muyassarah,.(cet.I. Pustaka Arif, : Jakarta 1429 H/2008 M)., h. 3
[3]
A. Zakaria. Ilmu
Nahwu Praktis Sistem belajar 40 Jam.op.cit., h.14
[4]
Aunur Rofiq bin
Ghufron. Ringkasan Kaidah-Kaidah Bahasa Arab. (cet. V. Pustaka
Al-Furqon; Gresik Jatim ,2010). h,. 11
[7]
Fuad, Ni’mah. Mulakkhos
Qawaid al-Lughatul ‘Arabiyah. Darul Atssiqofah Al-Islamiyah: Beirut.h.21
0 komentar:
Posting Komentar