PEMBAHASAN
A. Mubtada’ (م)
-.
الْمُبْتَدَأُ:هُوَ لإِسْمُ الْمَرْفُعْ الَّذِيْ يَقَعَ فِي اَوَّلِ الْجُمْلَةِ.
Mubtada’ adalah Isim Rofa’ dan Ma’rifah yang
terletak di awal jumlah (kalimat).
B. Khabar (خ)
-. الْخَبَرْ هُوَ مَا يَكْمَلُ
مَعْنَى الْمُبْتَدَأِ.
Khabar adalah
penyempurna atau penjelas dari arti
Mubtada’.
Sebelum dikemukakan
contohnya, sangat penting untuk diperhatikan beberapa hal prinsip, sebagai
berikut :
·
Pada dasarnya,
Mubtada terletak di permulaan ( di depan ) dan Khabar terletak
setelah Mubtada’ atau sebagai penjelas dari Mubtada’. Terkecuali karena alasan
dan sebab-sebab tertentu. Mubtada’ terletak setelah Khabar. Mengenai hal
ini perlu dicatat, bahwa tidak selamanya Mubtada’ dan Khabar itu terletak berdampingan. Artinya, seringkali
antara Mubtada’ dan Khabar itu dipisahkan oleh Kalimah-kalimah.
·
Mubtada’ harus
berupa Kaliamh Isim, dan pada prinsipnya, Mubtada’ harus berupa Isim
Ma’rifah. Terkecuali karena alasan dan sebab-sebab tertentu yang akan
dijelaskan kemudian, Mubtada’ boleh berupa Isim Nakirah.
·
Khabar boleh berupa Kalimah Isim dan boleh pula berupa selain Kalimah
Isim.Dan jika Khabar itu berupa Kalimah Isim, maka ia boleh
berupa Isim Ma’rifah dan boleh berupa Isim Nakirah.
Untuk memahami Mubtada’
dan Khabar, perhatikanlah beberapacontoh berikut ini:
a.
الله اكبر
Artinya : Allah itu maha besar.
Contoh diatas Jumlah Ismiyah, oleh karena Jumlah itu
dimulai dengan Kalimah Isim, yaitu kalimah الله yang juga sebagai Isim Ma’rifah, karena ia
adalah Isim ‘Alam yakni nama Tuhan.
Kalimah الله berkedudukan sebagai Mubtada’, sedangkan kalimah
اكبر berkedudukan
sebagai Khabar yang berupa Isim Nakirah.
b.
محمد رسول الله
Artinya: Muhammad
adalah utusan Allah.
Contoh diatas Jumlah Ismiyah, oleh karena Jumlah itu
dimulai dengan Kalimah Isim, yaitu kalimah محمد yang juga sebagai Isim Ma’rifah, karena ia
adalah Isim ‘Alam yakni nama orang.
Kalimah محمد berkedudukan sebagai Mubtada’, sedangkan
kalimah رسول الله
berkedudukan sebagai Khabar yang berupa Isim Ma’rifah.
c.
هو احد
Artinya: Dia
(Allah) itu Maha Esa.
Contoh diatas Jumlah
Ismiyah, oleh karena Jumlah itu dimulai dengan Kalimah Isim, yaitu
kalimah هو yang juga sebagai Isim Ma’rifah, karena ia
adalah Isim Dhomir.
Kalimah هو berkedudukan sebagai Mubtada’, sedangkan
kalimah احد
berkedudukan sebagai Khabar yang berupa Isim Nakirah.
Kemudian, dilihat dari segi Khabar nya ada 3
bentuk Kalimah Mubtada’ dan Khabar, sebagai berikut :
1. Mubtada’ dan Khabar,
dimana Khabar nya berupa Kalimah Isim
dalam jumlah
2. Mubtada’ dan Khabar,
dimana Khabar nya berupa Jumlah Fi’liyyah atau Jumlah Ismiyah.
3. Mubtada’ dan Khabar,
dimana Khabarnya berupa Jarr-Majrur.
Penjelasannya :
1. Mubtada’ dan Khabar,
dimana Khabar nya berupa Kalimah Isim.
Dalam jumlah
Dalam jumlah mubtada’-khabar, jika khabarnya berupa
kalimat isim, maka khabar Mufrad, maka antara Mubtada’ dan
Khabar harus sesuai dalam hal sama-sama Mudzakkar atau Muannats,
dan dalam hal sama-sama Mufrad, mutsanna atau jama’.
Contoh:
اَلأُسْتَاذُ نَشِيْطٌ
Artinya: Guru(lk)
itu Rajin
Penjelasan :
Guru itu sebagai Mubtada’
yang berbentuk Mudzakkar (laki-laki) Mufrad, dan begitupun dengan
Rajin sebagai Khabar yang berbentuk Mudzakkar Mufrad.
اَلأُسْتَاذَانِ نَشِيْطَانِ
Artinya: Kedua Guru(lk)
itu Rajin
Penjelasan :
Kedua Guru
itu sebagai Mubtada’ yang berbentuk Mudzakkar Mutsanna, dan begitupun dengan Rajin
sebagai Khabar yang berbentuk Mudzakkar Mutsanna.
اَلأَسَاتِيْذُ نَشِيْطُوْنَ
Artinya: Banyak Guru(lk)
itu Rajin
Penjelasan :
Banyak Guru
itu sebagai Mubtada’ yang berbentuk Mudzakkar Jama’, dan begitupun dengan Rajin
sebagai Khabar yang berbentuk Mudzakkar Jama’.
اَلأُسْتَاذَةُ نَشِيْطَةٌ
Artinya: Guru(Pr)
itu Rajin
Penjelasan :
Guru itu sebagai Mubtada’
yang berbentuk Muannats (perempuan) Mufrad, dan begitupun dengan Rajin
sebagai Khabar yang berbentuk Muannats Mufrad.
اَلأُسْتَاذَتَانِ نَشِيْطَتَانِ
Artinya: Kedua Guru(Pr)
itu Rajin
Penjelasan :
Kedua Guru itu sebagai Mubtada’
yang berbentuk Muannats Mutsanna, dan begitupun dengan Rajin
sebagai Khabar yang berbentuk Muannats Mutsanna.
اَلأَسَاتِيْذَةُ نَشِيْطُاتٌ
Artinya: Banyak Guru(Pr)
itu Rajin
Penjelasan :
Banyak Guru
itu sebagai Mubtada’ yang berbentuk Muannats Jama’, dan begitupun dengan Rajin
sebagai Khabar yang berbentuk Muannats Jama’.
2. Mubtada’ dan Khabar,
dimana Khabar nya berupa Jumlah Fi’liyyah atau Jumlah Ismiyah.
Dalam jumlah mubtada’-khabar, jika khabarnya
berupa jumlah fi’liyyah atau jumlah ismiyyah, maka pada
khabarnya harus terdapat (mengandung) isim dlamir yang sesuai dengan
mubtada’nya dalam segi mudzakkar atau muannats, baik
mufrad, mutsanna atau jama’. Isim dlamir itu di sebut
dhamir rabith ( رَابِطٌ),
yakni dlamir yang menghubungkan khabar dengan mubtada’nya
Penting untuk di catat, bahwa
jumlah fi’liyyah yang bisa di jadikan sebagai
khabar adalah jumlah fi’liyyah yang fi’ilnya berupa fi’il
madly atau fi’il mudlari’. Sedangkan jumlah fi’liyyah yang
fi’ilnya berupa fi’il amar atau fi’il nahy tidak bisa
dijadikan sebagai khabar.
Contoh:
1. Jumlah Mubtada’-Khabar,
dimana Khabarnya berupa Jumlah Fi’liyyah.
الطَّالِبُ يَكْتُبُ الدَّرْسَ
Artinya:
Siswa itu sedang menulis pelajaran.
Pada contoh diatas,
kalimah الطَّالِبُ yang
berbentuk Mudzakkar Mufrad berkedudukan
sebagai Mubtada’. Sedangkan يَكْتُبُ الدَّرْسَ berkedudukan sebagai Khabarnya, yakni Khabar
yang berupa Jumlah Fi’liyyah.
2. Jumlah Mubtada’-Khabar,
dimana Khabarnya berupa Jumlah Ismiyyah.
الْخَاشِعُ دُعَاءُهُ مَقْبُوْلٌ
Artinya:
Seorang laki-laki yang Khusyu’ itu doanya diterima.
Pada contoh
diatas,Kalimah الْخَاشِعُ
yang berbentuk Mufrad Mudzakkar berkedudukan sebagai Mubtada’,
sedangkan دُعَاءُهُ مَقْبُوْلٌ berkedudukan sebagai Khabarnya,
yakni Khabar berupa Jumlah Ismiyyah.
3. Mubtada’ dan Khabar, dimana Khabarnya berupa
Jarr-Majrurr atau
Dzhorof-Mudzhorof.
Dalam
Jumlah Mubtada’-Khabar, jika Khabarnya berupa Jarr-Majrurr, maka
tidak harus ada kesesuaian antara Mubtada’ dan Khabarnya dalam
segi Mudzakkar atau Muannats baik dari segi Mufrad, Mutsanna, atau
Jama’. Juga pada Khabarnya
tidak harus terdapat Isim Dhomir yang sesuai dengan Mubtada’
nya, dalam segi Mufrad,Mutsanna, atau Jama’.
Contoh:
1.
contoh Jumlah Mubtada’-Khabar, dimana Khabarnya berupa
Jarr-Majrur.
الْحَمْدُ للهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ.
Artinya:
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
Pada ayat diatas,
kalimah الْحَمْدُ berkedudukan sebagai Mubtada’,
sedangkan kalimah للهِ
berkedudukan sebagai Khabarnya, yakni Khabar berupa huruf Jarr
(لِي) dan Majrur (للهِ). Adapun Kalimah رَبِّ الْعَالَمِيْنَ sebagai Sifat bagi Kalimah
للهِ
2.
Contoh Jumlah Mubtada’-Khabar, dimana Khabarnya berupa
Dzoraf-Madzhruf.
يَدُ اللهِ فَوْقَ اَيْدِيْهِمْ
Artinya:
Tangan
Allah diatas tangan mereka
Pada ayat diatas, kalimah يَدُ اللهِ yang terdiri dari mudhof-mudhof ilaih berkedudukan
sebagai Mubtada’ , sedangkan
kalimah فَوْقَ
اَيْدِيْهِمْ berkedudukan
sebagai Khabarnya, yakni Khabar yang berupa Dzhorof (فَوْقَ) dan
Madzhrof (اَيْدِيْهِمْ) yang berupa Mudhof –Mudhof
ilaih.
KESIMPULAN
.
الْمُبْتَدَأُ:هُوَ لإِسْمُ الْمَرْفُعْ الَّذِيْ يَقَعَ فِي اَوَّلِ الْجُمْلَةِ.
Mubtada’ adalah Isim Rofa’ dan Ma’rifah yang
terletak di awal jumlah (kalimat).
. الْخَبَرْ هُوَ مَا يَكْمَلُ
مَعْنَى الْمُبْتَدَأِ.
Khabar adalah
penyempurna atau penjelas dari arti
Mubtada’.
Beberapa hal prinsip, sebagai berikut :
·
Pada dasarnya,
Mubtada terletak di permulaan ( di depan ) dan Khabar terletak
setelah Mubtada’ atau sebagai penjelas dari Mubtada’. Terkecuali karena alasan
dan sebab-sebab tertentu yang akan dijelaskan kemudian, Mubtada’ terletak setelah Khabar. Mengenai hal
ini perlu dicatat, bahwa tidak selamanya Mubtada’ dan Khabar itu terletak berdampingan. Artinya, seringkali
antara Mubtada’ dan Khabar itu dipisahkan oleh Kalimah-kalimah.
·
Mubtada’ harus
berupa Kaliamh Isim, dan pada prinsipnya, Mubtada’ harus berupa Isim
Ma’rifah. Terkecuali karena alasan dan sebab-sebab tertentu yang akan
dijelaskan kemudian, Mubtada’ boleh berupa Isim Nakirah.
Khabar boleh berupa Kalimah
Isim dan boleh pula berupa selain Kalimah Isim.Dan jika Khabar itu
berupa Kalimah Isim, maka ia boleh berupa Isim Ma’rifah dan boleh
berupa Isim Nakirah.Wallahu 'Alam bish Shawab..
Inna Anzalnaahu Qur'anan 'Arabiyyan
0 komentar:
Posting Komentar